Setahun Wuling Motors di Indonesia, Ini Pencapaiannya

Liputan6.com, Jakarta – PT SGMW Motors Indonesia atau Wuling Motors telah setahun menapaki jejak bisnisnya di industri otomotif Tanah Air. Selama setahun perjalanannya tersebut, tentu banyak hal yang dilalui.

Lantas sejauh mana Wuling melangkah? Berhasilkah mengubah stigma negatif konsumen atas kualitas mobil Cina yang melekat selama ini?

1. Membangun Pabrik di Cikarang

Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla, Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan, Vice Governor Guangxi Province, Cina dan Chairman SAIC-GM, sederet nama VIP yang meresmikan langsung beroperasinya pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat. Mulai merakit mobil sejak 11 Juli 2017, pabrik ini mampu menghasilkan 120 ribu unit mobil pertahunnya.

Tak main-main, Wuling yang sahamnya juga dimiliki General Motors (produsen Chevrolet) ini, menerapkan Global Manufacturing System, sistem produksi mobil berbasis teknologi yang dipakai General Motors. Pabrik dengan daya tampung 3.000 ribu tenaga kerja ini, menjadi monumen yang sangat penting bagi Wuling. Sebab investasi yang besar ini menunjukkan komitmen Wuling kepada konsumen di Tanah Air; mereka datang ke sini secara serius.

Langkah ini menjadikan Wuling Motors sebagai produsen mobil berskala masif pertama asal Cina yang datang dan langsung membangun pabrik. Langkah ini kemudian diikuti produsen Cina lain, DFSK (DongFeng Sokon) yang mendirikan pabrik di kawasan Cikande sebelum memulai aktivitas penjualannya.

2. Mendirikan 71 Diler Resmi Di Seluruh Indonesia

Setelah pabrik, Wuling Motors langsung menggebrak dengan mengaktifkan puluhan diler. Dalam kurun waktu satu tahun saja, tercatat 71 diler resmi Wuling dengan fasilitas 3S (Sales, Service, Sparepart) berdiri di seluruh Indonesia. Memang belum menyentuh sampai Papua, namun diler Wuling bisa ditemui mulai dari Banda Aceh sampai ke Sulawesi. Wuling juga menjangkau ke kota-kota kecil seperti Jember atau Cianjur sekalipun.

Meski memiliki line-up produk yang sedikit, namun kehadiran diler selain sebagai sarana penjualan juga untuk menunjang layanan purnajual yang dibutuhkan konsumen. Pemilik Wuling tak perlu pergi jauh ke kota besar untuk melakukan servis atau perbaikan. Begitupun dengan ketersediaan suku cadang yang bisa diperoleh hingga ke daerah.

Artikel Lainnya

Showroom Event Wuling Oktober

Semarang 26 Okt 2018 – Hai hai hai admin kembali lagi muncul membahas showroom event wuling di bulan Oktober. Kali ini di bulan Oktober Wuling memberikan…

Cortez Turbo Pakai Mesin Eropa

Halo sahabat setia Wuling Semarang kali ini kita akan membahas Cortez 2019 terbaru nih yang memakai mesin 1500cc turbo. Harga Cortez Turbo 2019 ini terbilang…

Fitur Hallo Wuling Almaz

Hai Wuling Semarang kali ini kita akan membahas apasih fitur hallo wuling pada wuling almaz, yakk wuling almaz ini sangat canggih dikelasnya karena sudah memiliki…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *